WhatsApp Menghemat Kuota Internet

WhatsApp Menghemat Kuota Internet

WhatsApp Menghemat Kuota Internet

WhatsApp Menghemat Kuota Internet – Di sisi lain, WhatsApp banyak menyedot kuota internet kita, baik untuk berkirim pesan, telepon, video call, dan saling berbagi file. Namun untungnya, ada sejumlah trik yang bisa kita lakukan untuk menghemat pemakaian paket data seluler di WhatsApp.

Ingin tahu seperti apa caranya? Yuk, simak berikut ini!

Nyalakan fitur “Low Data Usage”

Nyalakan fitur “Low Data Usage”

Cara pertama yang perlu Anda lakukan untuk menghemat kuota internet di WhatsApp adalah dengan menyalakan “Low Data Usage”. Fitur ini akan mengurangi penggunaan data seluler untuk telepon dan video call.

Pemakaian kuota internet memang jadi lebih hemat, namun Anda harus tahu bahwa kualitas telepon dan kecepatan kirim pesan akan berkurang. Terlebih lagi jika koneksimu 3G atau di bawah itu. Berikut ini cara mengaktifkan “Low Data Usage”:

  • Masuklah ke Settings;
  • Pilih Data and Storage Usage;
  • Di bawah menu Call Settings, nyalakan toggle atau centang Low Data Usage hingga berwarna hijau.

Atur backup data hanya saat Anda menggunakan Wi-Fi

Atur backup data hanya saat Anda menggunakan Wi-Fi

Cara berikutnya untuk mengurangi pemakaian kuota internet adalah dengan mengatur penggunaan internet ketika backup chat dan media. Fitur ini sebenarnya membantu menyimpan chat dan unduhanmu di WhatsApp, namun ia bisa menghabiskan kuota internet jika Anda salah menyetelnya.

Untuk mengganti pengaturan backup, berikut ini langkah yang harus Anda lakukan:

  • Masuk ke Settings, kemudian klik Chats;
  • Berikutnya masuklah ke menu Chat Backup dan Back up over;
  • Pilih Wi-Fi only.

Pantau konsumsi data yang digunakan WhatsApp

Pantau konsumsi data yang digunakan WhatsApp

Tak banyak yang tahu, WhatsApp ternyata menyediakan statistik mengenai pemakaian data seluler kita, lho. Teruslah memantaunya agar Anda bisa mengontrol penggunaan aplikasi chatting tersebut. Berikut ini cara mengaksesnya:

  • Masuklah ke Settings;
  • Klik Data and Storage Usage;
  • Pilih Network Usage.

Akan tersedia data terperinci mengenai penggunaan data selulermu dari awal pemakaian WhatsApp. Mulai dari penggunaan telepon, chat yang dikirim, hingga pengunduhan media. Anda bisa me-reset data tersebut setiap bulan sehingga Anda tahu berapa rata-rata pemakaianmu.

Nonaktifkan auto-download media

Cara WhatsApp Menghemat Kuota Internet

Hal utama yang membuat WhatsApp menyedot banyak kuota internet adalah penerimaan media, seperti foto, video, audio, dan dokumen. Tak hanya itu, sebenarnya media juga menghabiskan kapasitas memori kita, lho.

Jika Anda ingin menghemat keduanya, ada cara untuk menonaktifkan auto-download. Dengan melakukan hal ini, media tidak akan terunduh secara otomatis. Anda bisa memilih media mana yang menurutmu penting untuk disimpan.

Untuk melakukannya, masuklah ke Settings > Data and Storage Usage. Kemudian untuk pengguna Android, terdapat tiga pilihan di bawah Media auto-download, yaitu:

  • Menggunakan Data Seluler
  • Saat terhubung di Wifi;
  • Saat Roaming

Jika Anda ingin menghemat data seluler, pada bagian “Saat Menggunakan Data Seluler”, hilangkan semua centangnya. Sebaliknya jika Anda menggunakan iOS, akan tersedia empat pilihan, yakni Photos, Audio, Videos, dan Documents. Untuk menghemat pemakaian internet, di setiap media tersebut. Anda bisa memilih Wi-Fi (auto-download aktif ketika Anda tersambung Wi-Fi) atau Never (Anda bisa mengunduh media secara manual).

Matikan data seluler untuk WhatsApp

Cara WhatsApp Menghemat Kuota Internet

Cara terakhir untuk menghemat kuota internet saat menggunakan WhatsApp adalah dengan mematikan data seluler untuk aplikasi ini. Dengan begitu, WhatsApp hanya akan aktif ketika Anda tersambung Wi-Fi.

Pengaturan ini berbeda-beda di setiap tipe smartphone. Umumnya, Anda harus membuka Settings pada smartphone (bukan WhatsApp). Kemudian pada pengaturan data seluler, tersedia aplikasi-aplikasi yang diperbolehkan mengakses kuotamu. Matikan toggle pada WhatsApp jika Anda menginginkannya.

Tunggu apa lagi? Selamat mencoba, ya!

Comments are closed.