Tips Mencegah Mata Lelah Akibat Menatap Komputer

Tips Mencegah Mata Lelah Akibat Menatap Komputer

Tips Mencegah Mata Lelah Akibat Menatap Komputer

Tips Mencegah Mata Lelah Akibat Menatap Komputer, – Jakarta Mata lelah menggunakan komputer atau laptop memang kerap menjadi keluhan. Ketika mata sudah mulai terasa nyeri, pedih, gatal, kabur, dan sensitif terhadap cahaya. Hal ini membuat cara mencegah mata lelah menggunakan komputer atau laptop penting untuk diketahui.

Setelah mengetahuinya, mulailah untuk mempraktikkan cara mencegah mata lelah menggunakan komputer atau laptop ini. Sebab, bahaya dari mata lelah jika terus dibiarkan, bisa sampai produktivitasmu. Bahkan bisa sampai nyeri nyeri bahu, leher, punggung, dan sakit kepala.

Mata lelah disebut juga sebagai Computer Vision Syndrome (CVS). Kondisi yang dipicu oleh penggunaan komputer atau laptop terlalu lama dan membuat kedipan mata tak sebanyak biasanya. Agar bisa terhindar dari sindrom mata lelah ini, siasati dengan cara mencegah mata lelah menggunakan komputer atau laptop.

Tips mencegah mata lelah menggunakan komputer atau laptop dari berbagai sumber, Kamis.

Pencahayaan

Pencahayaan yang tepat juga mencegah mata lelah menggunakan komputer atau laptop. Hal ini disebabkan karena hal-hal yang dilaporkan oleh mata-mata yang disebabkan cahaya terang berlebihan.

Tak hanya dari pantulan layar komputer atau laptop, tetapi juga sinar matahari. Agar bisa terhindar dari mata lelah karena cahaya, siasati dengan menempatkan komputer di samping jendela. Bukan juga di depan atau di belakang jendela.

Bisa juga dengan menutup tirai untuk mengurangi cahaya yang masuk ke ruangan. Jika intensitas masih membutuhkan lampu, lampu memiliki yang rendah. Jika hal kecil semacam cahaya ini benar-benar perhatian, maka mata lelah tak akan singgah.

Tampilan

Selain memerhatikan monitor, memeriksa juga tampilan dekstopnya. Tampilan dekstop yang benar termasuk bagian dari cara mencegah mata lelah menggunakan komputer atau laptop. Berikut rincian:

  • Kecerahan

Sesuaikan layarnya dengan menyediakan ruang kerja. Cobalah melihat latar belakang putih pada dekstop. Jika terlihat seperti sumber cahaya, berarti memberikannya berlebihan. Jika tampak kusam dan abu-abu, menyediakannya terlalu gelap.

  • Ukuran teks dan kontras

Memerhatikan ukuran teks dan kontras akan sangat berpengaruh pada kenyamanan membaca pengguna komputer atau laptop. Apalagi jika pekerjaan yang harus berada di setiap hari adalah membaca dan menulis teks yang panjang. Cobalah gunakan cetak hitam pada latar belakang putih untuk kenyamanan.

  • Temperatur warna

Meski pelayanan, teks, dan kontras sudah seimbang tetapi temperatur warna juga harus diperhatikan. Warna biru akan membuat mata lebih cepat tegang karena panjang gelombang spektrum warna ini lebih pendek. Sedangkan warna orange dan merah memiliki panjang gelombang lebih panjang. Jadi, tidak heran jika temperatur ini lebih efektif mencegah mata lelah karena komputer atau laptop.

Kacamata Khusus

Alternatif terakhir dari cara mencegah mata lelah menggunakan komputer atau laptop adalah menggunakan kacamata khusus. Kacamata ini bisa didapat dari toko optik. Kacamata Mintalah yang bisa membantu mengurangi mata uang saat menggunakan komputer atau laptop.

Sebaiknya hindari menggunakan lensa kontak jika ingin bekerja pada layar komputer atau laptop dalam jangka waktu lama. Menggunakannya justru akan membuat mata kering dan mudah lelah.

Berkedip dan Pejamkan Mata

  • Sering Berkedip

Penyebab dari mata lelah adalah karena lebih sedikit berkedip. Dalam satu menit, mata seharusnya berkedip 18 kali. Namun, saat menatap layar komputer atau laptop, kedipannya menjadi setengahnya saja.

Cobalah untuk menyiasatinya dengan lebih sadar untuk berkedip. Tujuannya agar mata tidak kering dan terasa gatal karena panas. Mata yang jarang berkedip juga bisa sebabkan iritasi.

  • Pejamkan Mata

Selain berkedip, memejamkan mata juga mencegah cara mencegah mata lelah menggunakan komputer atau laptop. Mulailah lebih sering memejamkan mata sebentar saja. Kira-kira pejamkan selama 2-3 menit.

Jika sudah, dengan peregangan otot sederhana 4 kali selama 5 menit. Bisa juga dengan jalan-jalan sebentar, lemaskan, dan putar tungkai lengan, kaki dengan berdiri.

Lanjutkan dengan putar-putar bahu dan untuk mengurangi beban dan latihan otot. Jika bisa, lakukan tidur siang sebentar.

Olahraga Mata

Pasti belum banyak yang melihat trik olahraga mata. Sementara olahraga mata sangat efektif digunakan sebagai cara mencegah mata lelah menggunakan komputer atau laptop. Cobalah untuk menjauhkan pandangan dari layar setiap 20 menit sekali.

Jauhkan tatapan kira-kira 20 kaki atau 6 meter minimal 20 detik. Bisa juga lakukan dengan manapat objek lain selama 10-15 detik. Lalu alihkan dengan objek yang dekat dengan menatapnya selama 10-15 detik dan lakukan sampai 10 kali.

Pantau

Pengguna komputer atau laptop memang tidak lepas dari menatap monitor. Jenis monitor atau layar LCD yang baik untuk mata pasti memiliki permukaan anti-reflektif. Sedangkan monitor lawas semacam CRT pada komputer tabung ini masih berisiko tinggi sebabkan mata lelah karena flickernya.

Nah, flicker ini tak banyak ditemukan pada layar monitor LCD. Hal ini didukung oleh cahaya oleh pikselnya dikendalikan oleh layar LCD. Untuk desktop komputer, pilih tampilan yang memiliki layar ukuran diagonal minimal 19 inchi. Kenyamanan monitor akan mempengaruhi kenyamanan mata saat bekerja dengan komputer atau laptop.

Comments are closed.