Cara Menambah RAM di Laptopmu

Cara Menambah RAM di Laptopmu

Cara Menambah RAM di Laptopmu

Cara Menambah RAM di Laptopmu, – Tidak bisa dipungkiri RAM (Random Access Memory) yang terinstall pada laptop mempunyai andil yang cukup besar untuk mempercepat kinerja laptop. Apalagi RAM merupakan komponen yang paling mudah untuk dilakukan upgrade atau penggantian pada sebuah laptop.

Tetapi jangan terburu – buru untuk membeli RAM baru karena tergiur dengan performa laptop yang lebih kencang. Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli ram dan pada saat ingin memasangnya pada laptop kesanyangan.

Masalah paling menyebalkan yang ada di laptop adalah menjadi lemot atau lambat. Ini bisa terjadi ketika membuka software atau ketika sedang mengerjakan sesuatu. Ada banyak masalah yang menyebabkan hal ini.

Mulai dari virus, VGA yang tidak memadai, software yang terlalu berat hingga permasalahan-permasalahan yang lain. Namun satu hal yang paling umum menjadi penyebab kelemotan tersebut adalah masalah memori random access memory (RAM).

Problem RAM ini seringnya dikarenakan jumlahnya yang terlalu kecil. Ketika RAM suatu laptop kecil, itu membuat kamu hanya bisa membuka beberapa aplikasi saja secara bersamaan, membuatmu tidak multi-tasking.

Bagaimana jadinya jika ternyata RAM yang sudah terlanjur kamu beli tidak bsia dipasang pada laptop karena kita salah beli atau ternyata laptop tidak mendukung untuk dilakukan upgrade RAM.

Pastikan ada slot untuk menambahkan RAM

Sebelum kamu membeli RAM fisik, ada baiknya kamu mengecek terlebih dahulu slot RAM-nya. Caranya adalah dengan membuka bagian bawah laptop. Seringnya akan ada satu slot kosong RAM yang bisa digunakan untuk menambah RAM.

Akan tetapi, tidak jarang juga slotnya hanya satu dan telah diisi RAM. Jika sudah seperti in, pilihanmu adalah mengganti RAM itu dengan kapasitas yang lebih besar, bukan menambahkannya.

Pastikan slot RAM tidak disolder permanen

Skenario terburuk yang bisa kamu dapatkan dari laptopmu adalah kamu hanya punya satu slot RAM dan itu pun disolder. Mengapa disolder?

Perusahaan laptop tak ingin kamu mengganti-ganti RAM miliknya dan itu bisa dibilang salah satu strategi marketing milik mereka. Jadi satu-satunya cara untuk masalah ini adalah kamu hanya bisa berpasrah diri dan mengganti laptop tersebut.

Tentukan ukuran dan jenis RAM yang mau kamu upgrade

RAM ada beberapa ragam. Jangan sampai salah membelinya mengingat bisa-bisa kamu membeli RAM untuk PC. Pastikan RAM jenis apa yang bisa dipasang di laptopmu dan berapa ukurannya. Disarankan jika menambah RAM, ukurannya sama hingga nanti RAM-mu menjadi dua kali lipat. Contoh RAM laptopmu sekarang 4GB, maka tambahkan RAM yang berukuran 4GB pula. Akan lebih baik pula merek dan transfer ratenya juga sama.

Cek kompatibilitas laptop

Tidak semua spare part cocok untuk laptop yang kamu gunakan dan belum tentu juga laptop tersebut mampu di-upgrade RAM-nya. Kamu harus memastikan hal itu terlebih dahulu. Cara termudah untuk mengecek ini adalah kamu menuju ke https://www.crucial.com/store/advisor dan menentukan jenis laptop yang kamu miliki.

Comments are closed.