7 Manfaat Penting Mematikan Push Notificiation di HP

7 Manfaat Penting Mematikan Push Notificiation di HP

7 Manfaat Penting Mematikan Push Notificiation di HP

7 Manfaat Penting Mematikan Push Notificiation di HP – Ada berapa banyak aplikasi yang kamu install di handphone? Semakin banyak yang terpasang, semakin banyak pula notifikasi yang kamu dapatkan. Mulai dari media sosial, aplikasi berita, email, browser, hingga game. Notifikasi yang sering kamu dapatkan itu disebut dengan push notification.

Kini mereka berlomba-lomba mengirim notifikasi hanya untuk mendapatkan perhatian darimu. Tidak masalah jika memang pemberitahuan yang dikirimkan relevan. Namun sering kali yang terjadi adalah sebaliknya. Tidak hanya itu, handphone pengguna pun dibanjiri notifikasi dari setiap aplikasi.

Solusi yang terbaik adalah dengan mematikan push notification tersebut. Mengapa? Berikut ini penjelasannya.

1. Apa yang dimaksud dengan push notification?

Sebelumnya, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu push notification. Ini adalah pesan pemberitahuan yang dikirimkan langsung ke handphone pengguna.

Push notification kini menjadi tren di kalangan perusahaan karena dianggap lebih efektif daripada pemberitahuan melalui email. Itulah kenapa dua tahun belakangan ini perusahaan aplikasi dan pemilik situs banyak memanfaatkannya.

2. Terdapat dua macam push notification

Ada dua macam push notification berdasarkan asalnya, yaitu in-app dan web. In-app notification adalah pemberitahuan yang didapatkan dari aplikasi yang kamu install. Sedangkan web push notification adalah pemberitahuan yang kamu dapatkan dari situs tertentu.

Terlansirkan dari https://christian-mommies.com/desktop/home .Misalnya portal berita, marketplace, dan lain-lain. Untuk mendapatkannya, pengguna harus mengklik “allow” terlebih dahulu saat muncul pertanyaan notifikasi di dalam situs.

3. Tujuan dari push notification adalah meningkatkan keterlibatan pengguna

Bagi perusahaan aplikasi atau pemilik situs, push notification berguna untuk meningkatkan engagement atau keterlibatan pengguna. Pesan pemberitahuan yang masuk ke handphone akan mendorong pengguna untuk mengklik dan masuk ke situs atau aplikasi yang bersangkutan. Dengan begitu, perusahaan akan diuntungkan karena click rate pengguna pun meningkat.

4. Di sisi lain, push notification bisa mengganggu pengguna

Karena perusahaan berlomba-lomba untuk mengikuti tren ini, pihak yang dirugikan adalah pengguna. Mereka banyak mengirimkan notifikasi yang kurang relevan dengan pengguna.

Misalnya media sosial yang memberikan notifikasi setiap ada teman mem-posting sesuatu. Padahal teman tersebut tidak pernah berinteraksi dengan kita. Terkadang notifikasi iklan pun bisa masuk ke handphone.

5. Push notification bisa menyebabkan seseorang sulit untuk fokus

Jadi Push notification membuat handphone-mu berisik karena terus bergetar atau berbunyi. Ini akan menyita perhatianmu saat sedang mengerjakan aktivitas lainnya. Jason Fried dalam TED Talk mengatakan bahwa ia pernah mencoba mematikan push notification selama sebulan.

Perubahan utama yang ia rasakan adalah meningkatnya fokus dan produktivitas saat sedang bekerja. Ini karena kita tidak ada pemberitahuan yang mengingatkan kita untuk mengecek handphone setiap saat.

6. Kita tidak akan ketinggalan informasi walaupun mematikan push notification

Sebagian orang memang sengaja menyalakan push notification untuk aplikasi atau situs tertentu karena takut kelewatan informasi. Nyatanya hal itu tidak akan terjadi.

Kita tetap akan mengecek media sosial, email, dan portal berita di sela-sela aktivitas. Dengan melakukannya secara aktif, waktu yang dihabiskan untuk hal tersebut akan terasa lebih berkualitas.

7. Cara mematikan push notification agar handphone-mu lebih tenang

Semua handphone memungkinkan penggunanya untuk mengatur notifikasi yang ingin dan tidak ingin didapatkan. Kamu bisa menuju ke Settings, kemudian carilah pengaturan notifikasi.

Pilih notifikasi dari aplikasi apa saja yang ingin kamu nonaktifkan. Jika kamu ingin berhenti mendapatkan pemberitahuan dari situs, maka nonaktifkan notifikasi dari browser yang kamu gunakan.

Kamu juga bisa membuat pengecualian. Misalnya untuk email karena menyangkut pekerjaan, chat di WhatsApp atau LINE, SMS, telepon, dan lain-lain. Setelah mengatur notifikasi, handphone-mu akan lebih tenang dan tidak mengganggu aktivitasmu.

Comments are closed.