6 Alasan Mengapa Chromebook Cocok bagi Pelajar di Tengah Pandemik

6 Alasan Mengapa Chromebook Cocok bagi Pelajar di Tengah Pandemik

6 Alasan Mengapa Chromebook Cocok bagi Pelajar di Tengah Pandemik

6 Alasan Mengapa Chromebook Cocok bagi Pelajar di Tengah Pandemik – Laptop Chromebook yang ditenagai dengan Chrome OS semakin mencuat beberapa tahun belakangan. Chromebook dianggap menjadi angin segar di antara gempuran laptop Windows dan MacBook.

Di tengah pandemik COVID-19, saat pelajar dan mahasiswa lebih membutuhkan laptop dibandingkan sebelumnya, Chromebook hadir sebagai alternatif yang menarik. Berikut ini beberapa alasan mengapa Chromebook cocok digunakan pelajar, khususnya di masa pandemik seperti sekarang.

1. Harga yang terjangkau

Kamu membutuhkan setidaknya Rp6 jutaan untuk mendapatkan laptop Windows 10 yang cukup bagus agar tak lag. Sementara, untuk Macbook, jelas jauh lebih mahal. Uang segitu terasa sia-sia jika sebagian besar kegiatan dilakukan lewat browser.

Melansir dari https://testyfesty.com/ Pada dasarnya, Chrome OS tidak bergantung pada perangkat canggih dengan spesifikasi tinggi untuk berfungsi dengan baik. Ini berbeda dengan Windows 10 yang cukup menuntut spesifikasi untuk berjalan dengan optimal.

Karena kebutuhannya yang minimal, perangkat Chromebook pun bisa dibanderol dengan harga lebih murah. Memang, ada yang kelas premium dengan harga di atas Rp8 jutaan. Namun, Chromebook yang murah pun bisa kamu gunakan untuk 5 tahun lebih tanpa masalah.

Selain itu, cukup banyak Chromebook dengan harga murah yang sudah dibekali dengan layar sentuh, lho!

2. OS yang lebih ringan dan stabil

Kamu mungkin membayangkan kalau Chrome OS itu mengonsumsi daya sangat besar seperti halnya Chrome browser di Windows maupun iOS. Sebaliknya, Chrome OS justru jauh lebih ringan serta berjalan dengan stabil dan konsisten. Karena pada dasarnya, OS ini tidak melakukan banyak proses yang berjalan di background.

Karena kegiatannya sebagian besar dilakukan secara online, Chromebook juga dikenal bebas virus maupun bloatware. Selain itu, Chrome OS juga menerima update dan dukungan secara berkala selama bertahun-tahun, bahkan hingga 8 tahun.

3. Baterai yang tahan lama

Berbeda dengan Windows yang menjalankan begitu banyak proses di background, Chrome OS tidak melakukan banyak aktivitas yang butuh kinerja prosesor tinggi. Ini artinya, baterai Chromebook jauh lebih tahan lama dibandingkan laptop Windows atau Macbook.

Bahkan, banyak varian Chromebook yang mampu bertahan hingga 10 jam tanpa diisi daya sehingga kamu gak perlu berkali-kali mencolokkan charger ke laptop.

4. Mobilitas yang lebih baik

Seperti disebutkan pada poin sebelumnya, Chromebook tak membutuhkan spesifikasi yang tinggi untuk mendapatkan performa yang optimal. Oleh karena itu, kebutuhan hardware-nya pun tak muluk-muluk sehingga bobot laptopnya pun dapat dipangkas sedemikian rupa, contohnya Chromebook dari Acer yang memiliki bobot 1,3 kilogram meski ukuran layarnya cukup besar, yaitu 13,5 inci.

Dengan demikian, kamu bisa lebih mudah membawa laptop ini ke mana-mana tanpa masalah, khususnya kalau kamu ingin mencari sinyal Wi-Fi gratis.

5. Bisa menjalankan aplikasi Android

Ini menjadi salah satu kelebihan Chromebook yang menonjol. Kamu bisa menjalankan berbagai aplikasi Android lewat laptop. Memang, tidak semua aplikasi sudah dioptimasi untuk Chromebook, tapi setidaknya kamu memiliki fleksibilitas yang serupa dengan Android dalam hal pilihan dan penggunaan aplikasi.

6. Tidak untuk main game

Chromebook didesain untuk mobilitas dan produktivitas. Dengan spesifikasi laptop yang minimal, Chromebook gak cocok untuk bermain game. Meski bagi sebagian pelajar hal ini dianggap sebagai kekurangan, itu artinya kamu bisa lebih fokus untuk belajar ketika menggunakan laptop ini. Buat orangtua, hal ini justru jadi kelebihan.

Memang, kamu tetap bisa memainkan berbagai game Android. Namun, dengan spesifikasi hardware yang terbatas, Chromebook mungkin akan megap-megap saat memainkan game AAA.

Comments are closed.