5 Tips Aman Menggunakan Komputer atau Laptop Tanpa Antivirus

5 Tips Aman Menggunakan Komputer atau Laptop Tanpa Antivirus

5 Tips Aman Menggunakan Komputer atau Laptop Tanpa Antivirus

5 Tips Aman Menggunakan Komputer atau Laptop Tanpa Antivirus – Antivirus merupakan salah satu software yang wajib terinstall pada perangkat komputer maupun laptop, mengingat kehadiran antivirus ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kelangsungan sistem operasi yang berjalan agar terhindar dari serangan malware, trojan, dan sebagainya. Namun di sisi lain, antivirus sendiri membutuhkan system resource yang sangat tinggi, sehingga penggunaan antivirus dirasa memberatkan sistem operasi bagi komputer atau laptop yang memiliki spesifikasi minim.

Untuk itu, pada ulasan kali ini penulis akan memberikan ulasan mengenai 5 tips aman menggunakan komputer atau laptop tanpa antivirus. Lantas bagaimana ulasan lengkapnya?

1. Selektif saat menggunakan flashdisk atau media penyimpanan external lainnya

Terlansirkan dari https://testyfesty.com/ .Flashdisk merupakan salah satu meida penyimpanan yang sering menjadi inang dari penyebaran virus komputer atau laptop yang mengancam keamanan sistem operasi, dan kebanyakan pengguna komputer atau laptop sering terjebak dalam situasi ini karena kita sering melakukan transfer data melalui cara yang klasik ini.

Sehingga untuk meminimalisir kejadian yang tak diinginkan, kita perlu selektif sebelum mencolokkan flashdisk serta menghindari untuk menjalankan perintah AutoRun yang memerintahkan sistem operasi untuk melakukan pembacaan file secara otomatis.

2. Tidak sembarang dalam mengunduh data dari internet

Perlu kita ketahui, internet merupakan sarang dari jutaan virus komputer yang beredar di seluruh dunia. Di samping itu, internet juga menjadi salah satu inang yang cukup berbahaya karena tingkat penyebarannya memiliki skala yang tidak terbatas.

Untuk itu, usahakan saat kita ingin mengunduh salah satu file hendaknya kita harus memastikan bahwa situs yang kita kunjungi adalah website resmi yang memiliki tingkat sekuritas yang terjamin.

3. Meminimalisir terjadinya konektivitas dengan jaringan Wifi umum

Sebagai media jaringan yang saat ini banyak gunakan oleh kebanyakan orang karena alasan mobiltas, tentu jaringan Wifi memiliki peluang besar untuk menjadi inang dari penyebaran virus komputer yang sangat mengancam.

Namun apabila kita terpaksa untuk melakukan konektivitas pada jaringan Wifi umum, hendaknya kita jangan asal dalam melakukan surfing dpada internet, serta upayakan untuk tidak menyimpan data rahasia berupa password, username, dan sebagainya.

4. Mengaktiviasi Firewall pada sistem operasi

Firewall merupakan salah satu perlindungan yang ada pada sistem operasi. Dengan demikian kita perlu mengaktifkan layanan ini guna sebagai proteksi utama pada sistem operasi yang kita gunakan. Dan apabila kita adalah pengguna sistem operasi berbasis Windows, maka kita perlu mengaktifkan Windows Defender sebagai korelasinya.

5. Tidak melakukan instalasi software dari sembarang sumber

Dalam hal ini kita perlu selektif, mengingat banyak sekali virus yang bertebaran dengan menginfeksi file installer pada sebuah software. Sehingga untuk meminimalisir terjadinya penyebaran virus pada komputer atau laptop kita. Hendaknya kita selalu berupaya untuk menginstall software dari sumber yang resmi. Atau jika kita melakukannya melalui website, usahakan gunakan website yang memang menjadi rujukan.

Comments are closed.