4 Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Sampai Terkena Ya !

4 Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Sampai Terkena Ya !

4 Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Sampai Terkena Ya !

4 Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Sampai Terkena Ya ! – Sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami masalah komputer yang disebabkan oleh virus. File penting jadi hilang, performa komputer melambat, hingga bahkan berujung pada peretasan akun-akun kita di dunia maya.

Untungnya walaupun virus semakin canggih, teknologi yang dibuat untuk menghalaunya pun tak mau kalah. Itulah kenapa serangan virus jarang terjadi secara masif belakangan ini, berbeda dengan sebelumnya.

1. SQL Slammer/Sapphire

Pada Januari 2003, terdapat sebuah virus baru yang menyebar di seluruh jaringan internet Amerika Serikat. Tidak ada yang siap untuk menghadapinya sehingga virus ini berhasil membuat berbagai macam kerusakan.

Terlansirkan dari https://testyfesty.com/ .Hal ini mengakibatkan berhentinya server ATM, sejumlah maskapai penerbangan harus menunda jadwal keberangkatan karena online ticketing yang rusak, telepon 911 macet, hingga memblokir 27 juta orang dari internet.

Ternyata semua “bencana” itu disebabkan oleh virus jenis worm yang bernama SQL Slammer atau Sapphire. Ia dapat menguasai 75 ribu jaringan internet hanya dalam sepuluh menit. Uniknya, tahun 2016 virus ini sempat muncul lagi di berbagai belahan dunia. Namun kreator worm ini tidak diketahui hingga sekarang.

2. Melissa

Berikutnya ada Melissa. Nama yang unik untuk sebuah virus komputer. Iya, kan? Mengutip laporan The Infographics Show, ternyata “Melissa” diambil dari nama penari eksotik dari Florida, Amerika Serikat yang populer di tahun 1999.

Virus ini dimulai dari hal yang sederhana, yakni file word yang disebarkan melalui email. Ketika seseorang membukanya, file tersebut akan dikirimkan lagi kepada 50 kontak email orang tersebut. Mungkin tidak terdengar buruk, namun ia akan berdampak kuat ketika sampai ke email perusahaan besar.

Microsoft sampai mematikan layanan email agar tak terkena kerugian lebih besar. Diperkirakan, Melissa membawa kerugian hingga US$1,2 miliar. Untungnya kreator virus ini segera tertangkap dan dipenjara selama sepuluh tahun.

3. Anna Kournikova

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama “Anna Kournikova”. Virus berjenis worm ini memang mengambil nama atlet tenis perempuan terkenal di dunia. Lagi-lagi, virus ini menyebar dari email ke email.

Tak hanya itu, kreator virus menggunakan foto atlet tersebut sebagai clickbait agar lebih banyak orang yang tertarik untuk membuka email yang ia sebarkan. Namun ketika kamu mengkliknya, virus akan menyebar ke semua kontak di akun email.

Virus yang populer di tahun 2001 ini berhasil menguasai seluruh dunia dan menginfeksi jutaan komputer di dunia. Menurut data dari CBR Online, kerusakan yang disebabkan oleh “Anna Kournikova” mencapai US$166 ribu. Kreator virus menyerahkan diri setelah mengetahui kerugian yang ia sebabkan dan dihukum 150 jam pelayanan publik.

4. ILOVEYOU

Virus yang satu ini disebarkan melalui email dengan subjek “I love you”. Terdengar romantis memang, siapa yang tidak penasaran ketika mendapatkan pesan seperti itu, kan? Namun itulah cara kreator virus untuk memikat mangsanya.

Karena membuat orang-orang penasaran, ILOVEYOU sangat cepat menyebar ke 45 juta pengguna dalam sehari di tahun 2000. Tak hanya itu saja, virus yang satu ini juga mengobrak-abrik komputermu. Ia akan menghapus foto, audio, dan berbagai file penting lainnya.

Akibatnya, perusahaan Pentagon, CIA, hingga Parlemen Inggris menonaktifkan email mereka untuk menghindari pencurian data dan infeksi virus tersebut. Kerugian yang ditimbulkan oleh ILOVEYOU tercatat mencapai US$15 miliar.

Comments are closed.