2 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Tentang Software Developer

2 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Tentang Software Developer

2 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Tentang Software Developer

2 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Tentang Software Developer – bekerja sama dengan Skilvul menyelenggarakan webinar bertajuk Things You Need to Know About Software Developer pada Kamis (25/06) melalui platform Youtube. Acara yang dilaksanakan mulai pukul 14.00 wib ini menghadirkan Amanda Simandjuntak, Chief of Evolution Skilvul sebagai narasumber. Lansirkan dari https://testyfesty.com/

Dalam bincang-bincang yang berlangsung selama satu jam tersebut, Amanda menjelaskan mengenai beberapa hal yang perlu diketahui untuk menjadi seorang software developer. Lalu, apa saja ya itu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Software developer merupakan pekerjaan dengan bidang ilmu yang selalu berubah

Menurut Amanda, software developer merupakan sebuah bidang pekerjaan dengan ilmu yang selalu berubah-ubah. Untuk itu, ia mengatakan jika kurikulum pendidikan mengenai bahasa pemrograman tidak dapat distandarisasi karena akan berubah tiap tahunnya. Bahkan, ia mengungkapkan jika boot camp Skilvul yang ia bentuk memiliki kurikulum yang senantiasa diubah setiap dua bulan.

“Menurut saya, khusus bidang software developer merupakan ilmu yang selalu berubah. Jadi kurikulum yang ada tidak dapat distandarisasi karena berubah terus. Kalau diresmikan, bisa saja menjadi basi. Jadi sifatnya lebih dinamis. Kurikulum di Skilvul saja kami update setiap bulan,” katanya.

2. Logika, computational thinking, dan bahasa inggris merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang software developer

Dalam sesi webinar, Chief of Evolution Skilvul ini juga mengatakan jika terdapat tiga kemampuan dasar yang sangat penting untuk dimiliki oleh seorang software developer. “Kalau untuk menjadi seorang software developer kemampuan yang terpenting adalah logika, computational thinking, dan Bahasa Inggris,” terangnya.

Meski menurut Amanda kemampuan logika tidak sepenuhnya berhubungan dengan scripting coding, akan tetapi hal ini sangat membantu ketika ingin mengimplementasikan sebuah algoritma. Selain itu, kemampuan computational thinking merupakan hal penting untuk dasar dan fondasi dalam mempelajari bahasa pemrograman komputer.

Nah, sedangkan kemampuan Bahasa Inggris digunakan untuk mencari solusi dari setiap masalah yang timbul dalam coding. Ini karena biasanya semua bahasa pemrograman menggunakan Bahasa Inggris. Bahkan, sumber ilmu ini menggunakan Bahasa Inggris.

“Logika itu belum berhubungan dengan scripting coding, tetapi dari logika ini bisa diimplementasikan untuk mengolah algoritma. Kalau computational thinking lebih mengacu pada dasar untuk belajar bahasa pemrograman. Jadi, kalau kemampuan ini gak kuat kamu akan merasa sulit ketika ditawarkan pekerjaan dengan bahasa pemrograman selain yang kamu bisa. Untuk Bahasa Inggris, semua Bahasa pemrograman menggunakan Bahasa Inggris. Source yang ada bahkan semuanya menggunakan Bahasa Inggris,” tutur Amanda.

Comments are closed.